Friday, May 23, 2014

Metode dua tahap

Metode dua  tahap   adalah  penyampaian  dokumen penawaran yang persyaratan administrasi dan teknis dimasukkan  dalam sampul tertutup I, sedangkan harga penawaran dimasukkan  dalam sampul tertutup II, dimana penyampaian penawaran Tahap II (Harga) dilakukan hanya oleh peserta yang dinyatakan lulus evaluasi Tahap I (Evaluasi Administrasi dan Teknis).
Metode dua tahap digunakan untuk Pengadaan Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya yang memiliki karakteristik sebagai berikut:
a.   Pekerjaan bersifat kompleks;
b. memenuhi kriteria kinerja tertentu dari keseluruhan sistem,   termasuk  pertimbangan kemudahan atau efisiensi pengoperasian dan pemeliharan peralatannya;
c. mempunyai beberapa alternatif penggunaan sistem dan desain penerapan teknologi yang berbeda;
d.   membutuhkan   waktu  evaluasi  teknis  yang  lama; dan/atau
e. membutuhkan penyetaraan teknis.
Metode dua tahap menggunakan metode evaluasi sistem gugur, sistem nilai, atau sistem penilaian biaya selama umur ekonomis