Friday, February 21, 2014

Pengaduan

Pengaduan adalah surat keberatan atas proses pemilihan Penyedia Barang/Jasa yang ajukan oleh Penyedia Barang/Jasa  atau  masyarakat  apabila menemukan indikasi penyimpangan prosedur, KKN dalam pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan/atau pelanggaran persaingan  yang sehat kepada APIP K/L/D/I yang bersangkutan dan/atau LKPP, disertai bukti-bukti kuat yang terkait langsung dengan materi pengaduan.



APIP  K/L/D/I  dan  LKPP  sesuai dengan kewenangannya menindaklanjuti  pengaduan yang dianggap beralasan dan hasil tindak lanjut pengaduan yang dilakukan oleh APIP dilaporkan kepada Menteri/Pimpinan Lembaga/ Kepala  Daerah/Pimpinan  institusi, dan dapat  dilaporkan  kepada instansi yang berwenang  dengan persetujuan Menteri/Pimpinan Lembaga/Kepala Daerah/ Pimpinan  Institusi,  dalam  hal  diyakini  terdapat  indikasi  KKN yang   akan   merugikan   keuangan   negara,   dengan   tembusan kepada LKPP dan BPKP.
Instansi  yang  berwenang   dapat  menindaklanjuti   pengaduan setelah  Kontrak  ditandatangani   dan  terdapat  indikasi  adanya kerugian negara.

Pengguna Barang/Jasa adalah Pejabat pemegang kewenangan penggunaan Barang dan/atau Jasa milik Negara/Daerah di masing-masing K/L/D/I.