Untuk lebih jelasnya, perbedaan organisasi dan pengaruhnya terhadap proses pengadaan, dapat dilihat pada tabel berikut:
Private
- Biasanya menggunakan kebijakan dan pedoman internel perusahaan.
- Dapat memilih beragam supplier dengan beragam jenis hubungan.
- Untuk usah kecil menengah biasanya:
- Sentralisasi dalam pengambilan keputusan
- Pengetahuan teknis dan pasar yang terbatas
- Kredit dari penyedia dan pendanaan yang terbatas
- Nilai kecil dan pembelian yang fragmented
- Sourcing internasional terbatas
Publik
- Umumnya harus memenuhi prinsip: Transparan, akuntable, kompetisi terbuka dan non diskriminatif.
- Dapat juga memperhatikan kebijakan lainnya seperti sosial dan ekonomi.
- Prosedur yang oanjang yang dapat mengakibatkan keterlambatan dan tidak efisien
- Harus mengikuti pedoman dari donor ketika memperoleh hibah atau pinjaman
Non Profit
Biasanya menggunakan pedoman dan kebijakan pengadaan internal
dan menggunakan pedoman dari donor apabila ada pendanaan dari luar.